[IndoTeknoTips][Berita] Google Kembangkan Codec Video VP 10


Video berformat 4K(Ultra HD) saat ini tengah dalam pertumbuhan, dimana konten-konten video dengan resolusi  tinggi ini telah banyak dinikmati oleh orang-orang. Di layanan streaming video seperti Youtube pun telah memberikan dukungan untuk resolusi 4K, tapi masih kurang populer digunakan orang-orang. Hal tersebut karena video dengan format 4K akan menyedot bandwith internet yang sangat besar saat konten diputar.

Google mencoba mengembangkan kompresi video yang lebih efisien untuk video format 4K. Selama setahun terakhir, Google mengembangkan codec kompresi VP10 untuk dapat lebih mengefisiensikan kepreluan bandwith internet. Seperti yang dijelaskan James Bankoski-Product Manager Google, pada versi sebelumnya yaitu  VP9, hanya menggunakan setengah dari bandwith yang diperlukan untuk mengirimkan video dengan kualitas yang sama dengan format H.264/ MPEG-4 AVC. Untuk VP 10, kebutuhan bandwith akan dipotong lagi hingga 50% dari versi codec sebelumnya.

Bukan hanya mengurangi kebutuhan bandwith, VP10 juga akan memberikan peningkatan lain termasuk ketajaman gambar, tingkat warna lebih baik, serta jarak dinamis antara gelap dan terang. Perbandingannya akan disetarakan dengan format video HEVC / H.265.

Meskipun demikian, teknologi ini belum bisa dinikmati oleh pengguna internet dalam waktu dekat. Codec VP 10 kemungkinan baru akan dirampungkan oleh Google hingga akhir tahun 2016 mendatang.

sumber