[IndoTeknoTips][Berita] MSI Siapkan GTX 980 Ti Lightning


Setelah diumumkan kehadiran dari GTX 980 Ti Lightning oleh MSI sebelumnya, akhirnya mereka memberikan penampakkan dari kartu grafis MSI GTX 980 Ti Lightning.
 


Dari gambar diatas, kita bisa melihat spesifikasi yang ditawarkan oleh kartu grafis ini secara keseluruhan. Disini MSI masih menggunakan perpaduan warna kuning dengan hitam khas Lightning Series yang digunakan juga untuk seri sebelumnya. Kartu grafis ini dibekali dengan 3 kipas untuk mendinginkan berbagai komponennya dimana kecepatan setiap kipasnya dapat diatur secara manual. Dibawah kipasnya kita akan menemukan heatsink besar yang menutupi seluruh permukaan PCB. Heatsink ini dilengkapi dengan 5 heatpipe dengan ketebalan mulai dari 8 hingga 10mm yang terhubung dengan sirip-sirip alumunium. Dengan spesifikasi seperti ini, MSI GTX 980Ti Lightning memiliki kemampuan pendingin yang cukup untuk menjaga suhu GPU saat di overclock.

Tidak lupa di bagian belakangnya kita akan menemukan backplate yang menutupi seluruh PCB. Pada backplate kita juga akan menemukan logo pesawat khas seri Lightning. Backplate ini akan berguna bagi untuk menopang berat dari kartu grafis saat dipasang di case.
Di sini dapat kita lihat penampakkan dari MSI GTX 980 Ti Lightning “telanjang” tanpa heatsink dan kipasnya. Untuk memastikan kita bisa memacu kartu grafis ini setinggi mungkin, MSI melengkapinya dengan 15 phase Voltage Regulator Module atau VRM. Penggunaan VRM dengan phase sebanyak itu akan memastikan bahwa kita bisa menyiksa kartu grafis ini dengan memberikan tegangan yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, MSI menggunakan 10 layer PCB untuk memastikan bahwa setiap signal tidak akan saling menggangu dimana tentunya akan mempengaruhi peformanya secara keseluruhan. Untuk memastikan kartu grafis ini tidak akan pernah kelaparan daya, MSI melengkapinya dengan dua 8-pin dan satu 6-pin power connector.

MSI GTX 980 Ti Lightning memiliki GPU clock 1203 MHz dimana dapat mencapai 1303 MHz dengan GPU Boost. Clock yang diberikan oleh MSI tidak ketinggi vendor-vendor lain, namun tentu saja dengan berbagai fitur overclocking yang ditawarkan, MSI memberikan kita tantangan untuk memacu kartu grafis ini setinggi mungkin.

sumber