[IndoTeknoTips][Berita] Google Perbaiki Masalah Konsumsi Memori Chrome dengan Chrome 45


Salah satu isu yang paling banyak diperbincangkan mengenai Google Chrome adalah konsumsi memorinya, yangmana browser paling populer ini sering menggunakan RAM lebih dari yang diperlukan saat hanya untuk menampilkan beberapa halaman web. Dalam versi terbarunnya, Chrome versi 45, Google akhirnya mencoba untuk memperbaiki masalah ini dan membuat browser ini lebih efisien untuk digunakan pada berbagai perangkat.
Pada Chrome 45, Google telah menerapkan sistem pengumpulan sampah baru yang akan membersihkan memori yang tidak terpakai di halaman yang tak digunakan. Sistem baru ini mengurangi penggunaan RAM sekitar 10%, tapi Google melihat penurunan yang lebih besar (hingga 25%) pada aplikasi web yang kompleks seperti Gmail.

Google juga membuat waktu membuka Chrome yang jauh lebih cepat, dan mereka mencapai ini dengan memprioritaskan pemulihan tab yang paling terakhir dilihat saat Anda membuka Chrome. Hanya mereka  yang telah mengaktifkan pengaturan “continue where you left off” pada browser mereka yang  akan melihat perbaikan ini, tetapi fungsi ini memberikan pengalaman yang lebih baik.
Jika komputer Anda tidak memiliki cukup memori yang tersedia untuk mengembalikan semua tab Anda, sekarang Chrome akan menghentikan sementara proses pemulihan beberapa tab yang paling jarang digunakan, yang memungkinkan pengguna untuk mengklik-Restore- untuk mengembalikan tab tersebut ketika benar-benar ingin mengaksesnya di kemudian hari.

Versi baru dari Chrome menghadirkan perbaikan sistem manajemen Flash yang akan menghentikan setiap konten flash yang tidak penting untuk halaman web, seperti Flash iklan atau animasi yang tidak perlu. Google akan mengaktifkan pengaturan ini secara default untuk semua pengguna selama beberapa minggu ke depan, dan perubahan itu seharusnya membuat daya tahan baterai lebih hemat hingga 15% lebih baik.

Chrome 45 sudah tersedia untuk download untuk pengguna desktop, dan mereka yang menaktifkan update otomatis diaktifkan seharusnya telah menjalankan browser versi terbaru ini.