[IndoTeknoTips][Berita] Samsung Resmi Luncurkan Chip LPDDR4 DRAM 12Gb


Masa depan gadget berteknologi canggih tampaknya akan semakin terus berkembang. Pasalnya, Samsung yang dikenal sebagai salah satu perusahaan elektronik ternama yang memiliki beberapa divisi pengembang, belum lama ini memperkenalkan sebuah Chip LPDDR4 DRAM yang dirancang khusus untuk perangkat mobile.

Chip LPDDR4 DRAM dari Samsung ini memiliki kecepatan bandwidth hingga 12 Gb (Gigabit). Hal ini menandakan bahwa Chip tersebut mampu menyajikan performa dua kali lebih cepat. Tidak hanya performa yang ditingkatkan, konsumsi daya pada Chip ini pun turut diperhatikan dan mampu menghemat daya hingga 20 persen.

Menurut berita yang kami sadur dari Android Authority, Chip LPDDR4 DRAM ini dibuat 50 persen lebih padat. Selain itu, pihak Samsung juga menyatakan bahwa Chip ini menyediakan 1.5 GB (Gigabyte) memori per unit, sehingga tidak hanya performa saja yang meningkat, kapasitas RAM pun dapat diperluas lagi.

Pihak Samsung mengklaim bahwa nantinya para produsen smartphone dapat menggunakan RAM dengan kapasitas mencapai 6GB pada gadget barunya. Chip LPDDR4 DRAM ini menggunakan rancangan fabrikasi 20nm, sehingga para produsen smartphone pun diyakini akan tetap mampu menyajikan ponsel cerdas yang memiliki dimensi body cukup ramping.

Saat ini Samsung sudah mulai melakukan produksi masal terhadap Chip barunya ini. Kemungkinan besar smartphone high-end dengan RAM 6GB, akan mulai diperkenalkan pada 2016 mendatang. Samsung pun berharap potensi gadget di masa depan tidak hanya terpaku pada smartphone saja, tetapi juga pada produk mobile lainnya seperti laptop ultra-portable dan tablet.

sumber